Apa itu smartphone??? Dan siapa kah smartphone pertama di dunia??


Tahun"2012" kata "smartphone dan gadget" mungkin gak sepopuler tahun ini,Menurut data hampir 88% manusia menggunakan smartphone dan menjadikan smartphone sebagai kebutuhan yang sangat penting selain uang dan pangan.

Sebenarnya apa sih smartphone itu?? Dan siapa sih pencipta dan yang mempopulerkan smartphone??? Simak ya guyss



Ponsel cerdas (bahasa Inggris: smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti ponsel cerdas. Bagi beberapa orang, ponsel cerdas merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, ponsel cerdas hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik sebagaimana jadi maupun dihubung keluar) dan penyambung VGA. Dengan kata lain, ponsel cerdas merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon. Pertumbuhan permintaan akan alat canggih yang mudah dibawa ke mana-mana membuat kemajuan besar dalam pemroses, ngingatan, layar dan sistem operasi yang di luar dari jalur telepon genggam sejak beberapa tahun ini.(Di kutip dari Wikipedia.co.id tentang smartphone)

Nahh dah jelas kan pengertian dari smartphone,jika belum jelas tentang apa itu smartphone,singkatnya smartphone itu adalah "handphone cangih yang mempunyai  os (sistem operasi) yang dapat menghidupkan ponsel tersebut,ponsel juga di sebut sebagai mini computer karena fungsinya hampir sama dengan  computer."

Sejarah singkatnya,smartphone yang diyakini sebagai smartphone pertama ialah
1.The Simon
The Simon dirilis perdana pada tahun 1993. Ketika pertama kali diluncurkan, perangkat ini sudah mempunyai fungsi lengkap selain sebagai mobile phone–voice dan data, juga untuk PDA dan mesin fax. Maka layak rasanya The Simon disebut sebagai smartphone generasi pertama.
Bodinya sendiri cukup besar dan khas ponsel zaman dulu. Menariknya, smartphone The Simon sudah mengusung layar sentuh untuk memencet tuts tombol di bagian tengahnya.

Zaman itu, The Simon dibanderol dengan harga yang terbilang sangat wah, yakni sekitar USD899.


2.Palm Pilot


Sejatinya Palm Pilot bukan termasuk kategori smartphone, karena fungsi utamanya adalah untuk data saja, yang tentu sangat penting untuk pengguna enterprise.
Bentuknya yang kotak membuat Palm Pilot termasuk kategori personal digital asisstant (PDA). Perangkat ini banyak digunakan untuk pekerja yang tidak ingin meningalkan pekerajaannya saat meninggalkan kantor.

Diperkenalkan tahun 1996, Palm Pilot 1000 yang merupakan salah satu generasi pertama mengusung prosesor 16Mhz dengan total memori 128KB.tapi dengan spesifikasi seperti itu tentu sudah jelas masuk ke spesifik smartphone jaman lampau.

3.iphone
Jika melihat tahun ini saja,banyak sekali kita jumpai orang menggunakana iphone!! Ini karena keberhasilan steve jobs dalam mengembangkan  perusahaan apple inc.ternyata spesifikasi yang wah dan design yang cantik dan keren mungkin yang menjadikan iphone sebagai smartphone populer saat ini namun jika melihat sejarahnya apa sih ponsel pertama dari apple??Nih smartphonenya

Ketika Apple memperkenalkan iPhone pada tahun 2007, banyak yang menyangsikan kesuksesannya. Namun Steve Jobs saat itu berhasil membuat sesuatu yang revolusioner.
Tidak hanya menawarkan fungsi smartphone seperti pendahulunya, namun juga fungsi entertaiment dengan kekuatan ekosistem aplikasi di App Store.
Spesifikasi yang gahar pada jamanya yang membuat hp ini sangat diminati banya orang saat itu


Gimana???
Pernah punya ke 3 smartphone pertama tersebut??
Sebenarnya masih banyak sejarah ponsel cerdas tapi nggak akan saya terangkan di artikel ini karena akan ada di artikel yang akan datang :)

Simak terus artikel sederhana dari saya ya guys :D
And Love your phone,see you next time ;)

Previous
This is the oldest page

Terimakasih sudah membaca!!!
Komentar jangan OOT dari articel ya
Bila ada pertanyaan atau complain tentang blog saya,jangan malu-malu untuk "Berkomentar"
Gak perlu pake link Aktif,Pasti saya visit balik kok
#LoveYourPhone ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
?max-results=10">Games
');
    ?orderby=published&alt=json-in-script&callback=mythumb1\"><\/script>");
?max-results=10">Business
');

populer